Identitas Program Studi


Program Studi : Pendidikan Sains Program Magister
Kode Program Studi : 84101
Program/Fakultas : Pascasarjana
Perguruan Tinggi : Universitas Tadulako
Tahun Pendirian : 2009
Minimum Total sks : 48
Gelas kelulusan : Magister Pendidikan (M.Pd.)
No/Tanggal SK Ijin Penyelenggaraan : KepDirjen Dikti No. 1035/D/T/2009 – 25 Juni 2009
No/Tanggal SK Ijin Operasional : SK Rektor Untad No. 2101/UN28/KL/2016 – 29 Maret 2016
Koordinator Program Studi : Prof. Daud K. Walanda, MSc., PhD.
Staf Program Studi : Boy Sandi, S.Kom.

Sebaran dan Deskripsi Mata Kuliah


JENIS No KODE MK MATA KULIAH MATA KULIAH BAHASA INGGRIS SKS SEM
Mata kuliah Wajib Bersama 1 Z01162001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah Science Philosophy and Scientific Method 3 1
2 Z08162001 Telaah Kurikulum Pendidikan Sains Curriculum Analysis of Science Education 2
3 Z08162002 Inovasi Pembelajaran Sains Innovation of Science Instruction 3
4 Z08162003 Asesment Pembelajaran Sains Assesment of Science Instruction 2
5 Z08162004 Metode Penelitian Pendidikan Sains Research Method of Science Education 3
6 Z08162005 Statistika Pendidikan Sains Statistics for Science Education 2
7 Z08162006 Kapita Selekta pendidikan Sains Capita Selecta of Science Education 2 2
8 Z08162007 Sains Terpadu Integrated Science 2
9 Z08162020 PPL/PKm Teaching Practicum 2 3
10 Z08162053 Tesis Thesis 6 4
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Biologi
Wajib 1 Z08162008 Biologi Sel Cell Biology 2 2
2 Z08162009 Perkembangan Hewan dan Tumbuhan Plant and Animal Development 2
3 Z08162010 Genetika dan Evolusi Genetic and Evolution 2
4 Z08162021 Ekologi Lanjut Advanced Ecology 2 3
5 Z08162022 Fisiologi Lanjut Advanced Physiology 2
Pilihan 1 Z08162023 Problematika Pendidikan Biologi Issues in Biology Education 2 3
2 Z08162024 Desain Praktikum Biologi Practicum Design of Biology Education 2
3 Z08162025 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Instructional Media 2
4 Z08162026 Keanekaragaman dan Konservasi Hayati Biodeversity and Conservation 2
5 Z08162027 Mikrobiologi Lanjut Advanced Microbiology 2
6 Z08162028 Bioteknologi Biotechnology 2
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Fisika
Wajib 1 Z08162011 Fisika Modern  Modern Physics 2 2
2 Z08162012 Mekanika Lanjut Advanced Mechanics 2
3 Z08162013 Listrik Magnet Electrics Magnet 2
4 Z08162029 Termodinamika Thermodynamics 2 3
5 Z08162030 Gelombang dan Optika Waves and Optics 2
Pilihan 1 Z08162031 Problematika Pendidikan Fisika Issues in Physics Education 2 3
2 Z08162032 Desain Praktikum Fisika Practicum Design of Physics Education 2
3 Z08162033 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Instructional Media 2
4 Z08162034 Pengetahuan Bumi dan Antariksa Earth and Space Science 2
5 Z08162035 Fisika Terapan Applied Physics 2
6 Z08162036 Elektronika Electronics 2
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Kimia
Wajib 1 Z08162014 Kimia Organik Organic Chemistry 2 2
2 Z08162015 Kimia Anorganik Inorganic Chemistry 2
3 Z08162016 Kimia Fisik Physical Chemistry 2
4 Z08162037 Kimia Analitik Analytical Chemistry 2 3
5 Z08162038 Biokimia Biochemistry 2
Pilihan 1 Z08162039 Problematika Pendidikan Kimia Issues in Chemistry Education 2 3
2 Z08162040 Desain Praktikum Kimia Practicum Design of Chemistry Education 2
3 Z08162041 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Instructional Media 2
4 Z08162042 Kimia Lingkungan Environmental Chemistry 2
5 Z08162043 Kimia Terapan Applied Chemistry 2
6 Z08162044 Kimia Gizi dan Kesehatan Chemical Nutrition and Health 2
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan IPA-SD
Wajib 1 Z08162017 Pengetahuan Hayati Biological Science 2 2
2 Z08162018 Pengetahuan Fisika Physical Science 2
3 Z08162019 Pengetahuan Kimia Chemical Science 2
4 Z08162045 Energi dan Sumberdaya Alam Energy and Natural Resources 2 3
5 Z08162046 Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Earth and Space Science 2
Pilihan 1 Z08162047 Problematika Pendidikan Sains-SD Issues in Elementary School Science Education 2 3
2 Z08162048 Desain Praktikum Sains-SD Practicum Design of Elementary School Science Education 2
3 Z08162049 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Intructional Media 2
4 Z08162050 Pengetahuan Lingkungan Environmental Science 2
5 Z08162051 Ekosistem Ecosystem 2
6 Z08162052 Sains Menyenangkan Joyful science 2

Deskripsi Mata Kuliah


Z01162001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162001 Telaah Kurikulum Pendidikan Sains (I, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162002 Inovasi Pembelajaran Sains (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162003 Asesment Pembelajaran Sains (I, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162004 Metode Penelitian Pendidikan Sains (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162005 Statistika Pendidikan Sains (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162006 Kapita Selekta Pendidikan Sains (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162007 Sains Terpadu (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162020 PPL/PKm (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162053 Tesis (IV, 6 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162008 Biologi Sel (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162009 Perkembangan Hewan dan Tumbuhan (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162010 Genetika dan Evolusi (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162021 Ekologi Lanjut (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162022 Fisiologi Lanjut (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162023 Problematika Pendidikan Biologi (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162024 Desain Praktikum Biologi (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162025 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162026 Keanekaragaman dan Konservasi Hayati (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162027 Mikrobiologi Lanjut (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162028 Bioteknologi (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162011 Fisika Modern (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162012 Mekanika Lanjut (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162013 Listrik Magnet (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162029 Termodinamika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162030 Gelombang dan Optika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162031 Problematika Pendidikan Fisika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162032 Desain Praktikum Fisika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162033 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162034 Pengetahuan Bumi dan Antariksa (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162035 Fisika Terapan (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162036 Elektronika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162014 Kimia Organik (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

    1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
    2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
    3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
    4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
    5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162015 Kimia Anorganik (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas materi kimia anorganik tingkat lanjutan yang cakupannya meliputi simetri, molekul kovalen, termodinamika redoks, senyawa logam transisi dan senyawa koordinasi serta katalis.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu: menguasai dan memahami konsep-konsep dan teori kimia anorganik lanjut mengenai simetri, molekul kovalen, termodinamika redoks, senyawa logam transisi dan senyawa koordinasi serta katalis.

Pustaka:

    1. House, J. E. 2013. Inorganic Chemistry. 2nd Ed.; Elsevier Inc.
    2. Housecroft, C.; Sharpe, A. G., 2012. Inorganic Chemistry. 4th Ed.; Pearson Education Limited.
    3. Rayner-Canham, G.; Overton, T., 2009. Descriptive Inorganic Chemistry. 5th Edition ed.; W. H. Freeman.
    4. Shriver, D., 2014. Inorganic Chemistry. 6th Ed.; W. H. Freeman and Company.
    5. Lee, J. D. 1991. Concise Inorganic Chemistry. 4th Ed. Chapman & Hall. New York.
    6. Kettle, S. F. A. 2007. Symmetry and Structure: Readable Group Theory for Chemists. 3rd Ed. John Wiley & Sons Inc.
    7. Hargittai, M.; Hargittai, I. 2009. Symmetry Through the Eyes of a Chemist. 3rd Ed. Springer.

    Z08162016 Kimia Fisik (II, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162037 Kimia Analitik (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162038 Z08162038 (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162039 Problematika Pendidikan Kimia (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162040 Desain Praktikum Kimia (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162041 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162042 Kimia Lingkungan (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162043 Kimia Terapan (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162044 Z08162044 (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162017 Pengetahuan Hayati (II, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162018 Pengetahuan Fisika (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162019 Pengetahuan Kimia (II, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162045 Energi dan Sumberdaya Alam (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162046 Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162047 Problematika Pendidikan Sains-SD (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162048 Desain Praktikum Sains-SD (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162049 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162050 Pengetahuan Lingkungan (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162051 Ekosistem (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

    Z08162052 Sains Menyenangkan (III, 2 sks)

    Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

    Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

    Pustaka:

      1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
      2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
      3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
      4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
      5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.