Identitas Program Studi


Program Studi : Pendidikan Sains Program Magister
Kode Program Studi : 84101
Program/Fakultas : Pascasarjana
Perguruan Tinggi : Universitas Tadulako
Tahun Pendirian : 2009
Minimum Total sks : 43
Gelar kelulusan : Magister Pendidikan (M.Pd.)
No/Tanggal SK Ijin Penyelenggaraan : KepDirjen Dikti No. 1035/D/T/2009 – 25 Juni 2009
No/Tanggal SK Ijin Operasional : SK Rektor Untad No. 6761/UN28/AN/2021 – 25 Juni 2023
Akreditasi BAN PT : B (No. 67/SK/LAMDIK/Ak-P/M/V/2022 – Tanggal 31 Mei 2022)
Koordinator Program Studi : Prof. Daud K. Walanda, MSc., PhD.
Staf Program Studi : Mutia Nurul Ilmi, S.Pd.

Sebaran dan Deskripsi Mata Kuliah


JENIS No KODE MK MATA KULIAH MATA KULIAH BAHASA INGGRIS SKS SEM
Mata kuliah Wajib Bersama 1 Z01162001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah Science Philosophy and Scientific Method 3 1
2 Z08162001 Telaah Kurikulum Pendidikan Sains Curriculum Analysis of Science Education 2
3 Z08162002 Inovasi Pembelajaran Sains Innovation of Science Instruction 3
4 Z08162003 Asesment Pembelajaran Sains Assesment of Science Instruction 2
5 Z08162004 Metode Penelitian Pendidikan Sains Research Method of Science Education 3
6 Z08162005 Statistika Pendidikan Sains Statistics for Science Education 2
7 Z08162006 Kapita Selekta pendidikan Sains Capita Selecta of Science Education 2 2
8 Z08162007 Sains Terpadu Integrated Science 2
9 Z08162020 PPL/PKm Teaching Practicum 2 3
10 Z08162053 Tesis Thesis 6 4
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Biologi
Wajib 1 Z08162008 Biologi Sel Cell Biology 2 2
2 Z08162009 Perkembangan Hewan dan Tumbuhan Plant and Animal Development 2
3 Z08162010 Genetika dan Evolusi Genetic and Evolution 2
4 Z08162021 Ekologi Lanjut Advanced Ecology 2 3
5 Z08162022 Fisiologi Lanjut Advanced Physiology 2
Pilihan 1 Z08162023 Problematika Pendidikan Biologi Issues in Biology Education 2 3
2 Z08162024 Desain Praktikum Biologi Practicum Design of Biology Education 2
3 Z08162025 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Instructional Media 2
4 Z08162026 Keanekaragaman dan Konservasi Hayati Biodeversity and Conservation 2
5 Z08162027 Mikrobiologi Lanjut Advanced Microbiology 2
6 Z08162028 Bioteknologi Biotechnology 2
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Fisika
Wajib 1 Z08162011 Fisika Modern  Modern Physics 2 2
2 Z08162012 Mekanika Lanjut Advanced Mechanics 2
3 Z08162013 Listrik Magnet Electrics Magnet 2
4 Z08162029 Termodinamika Thermodynamics 2 3
5 Z08162030 Gelombang dan Optika Waves and Optics 2
Pilihan 1 Z08162031 Problematika Pendidikan Fisika Issues in Physics Education 2 3
2 Z08162032 Desain Praktikum Fisika Practicum Design of Physics Education 2
3 Z08162033 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Instructional Media 2
4 Z08162034 Pengetahuan Bumi dan Antariksa Earth and Space Science 2
5 Z08162035 Fisika Terapan Applied Physics 2
6 Z08162036 Elektronika Electronics 2
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan Kimia
Wajib 1 Z08162014 Kimia Organik Organic Chemistry 2 2
2 Z08162015 Kimia Anorganik Inorganic Chemistry 2
3 Z08162016 Kimia Fisik Physical Chemistry 2
4 Z08162037 Kimia Analitik Analytical Chemistry 2 3
5 Z08162038 Biokimia Biochemistry 2
Pilihan 1 Z08162039 Problematika Pendidikan Kimia Issues in Chemistry Education 2 3
2 Z08162040 Desain Praktikum Kimia Practicum Design of Chemistry Education 2
3 Z08162041 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Instructional Media 2
4 Z08162042 Kimia Lingkungan Environmental Chemistry 2
5 Z08162043 Kimia Terapan Applied Chemistry 2
6 Z08162044 Kimia Gizi dan Kesehatan Chemical Nutrition and Health 2
Mata Kuliah Konsentrasi Pendidikan IPA
Wajib 1 Z08162017 Pengetahuan Hayati Biological Science 2 2
2 Z08162018 Pengetahuan Fisika Physical Science 2
3 Z08162019 Pengetahuan Kimia Chemical Science 2
4 Z08162045 Energi dan Sumberdaya Alam Energy and Natural Resources 2 3
5 Z08162046 Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Earth and Space Science 2
Pilihan 1 Z08162047 Problematika Pendidikan Sains Issues in Science Education 2 3
2 Z08162048 Desain Praktikum Sains Practicum Design of Science 2
3 Z08162049 Pengembangan Media Pembelajaran Development of Intructional Media 2
4 Z08162050 Pengetahuan Lingkungan Environmental Science 2
5 Z08162051 Ekosistem Ecosystem 2
6 Z08162052 Sains Menyenangkan Joyful Science 2

Deskripsi Mata Kuliah


Z01162001 Filsafat Ilmu dan Metode Ilmiah (3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162001 Telaah Kurikulum Pendidikan Sains ( 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar memperoleh wawasan profesional yang luas tentang Sejarah perjalanan Kurikulum sejak Kemerdekaan, kerangka dasar kurikulum 1984, kerangka dasar kurikulum 1994, kerangka dasar kurikulum 2004, kerangka dasar KTSP, kerangka dasar K-13,  sistem pendidikan di Singapura dan Australia, Implementasi K-13 di SD, SMP, SMA, SMK, dan masa depan pengembangan kurikulum di Indonesia.  Pembelajaran mengunakan pendekatan Team based Proyek dan case method.

Tujuan: Mahasiswa mampu melakukan kajian tentang hakikat  pembelajaran dalam bidang pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan biologi, dan pendidikan IPA  pada tingkat pendidikan dasar dengan penuh tanggung jawab.  Merancang menguasai metodologi penelitian dan pengembangan untuk inovasi pendidikan sains berkaitan dengan pendidikan sains berdasarkan identifikasi secara cermat tentang karakteristik kurikulum. Merancang pembelajaran IPA yang efektif untuk memecahkan masalah pembelajaran atau pendidikan sains dengan menghasilkan model atau program pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pendidikan. Menyusun rancangan percobaan-percobaan sederhana dan menarik pada pembelajaran dasar melalui pengembangan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.

Pustaka:

  1. Nuh , M. (2011). Guru sumber energi dunia pendidikan
  2. Null, W. (2011). Curriculum: From theory to practice
  3. Hau, E., Law, F., & Li, C. (2013). (Editor). Curriculum innovations in  changing societies
  4. Jacobs, H. H. (2010). Curriculum 21: Essential education for a changing world
  5. Jossey – Bass Yates, L. & Grumet, M. (2011). (Editor). Curriculum in today’s world: Configuring knowledge, identities, work and politics.
  6. Powell, W & Powell, O. K. (2011). How to teach now: Five keysto personalized learning in the global classroom
  7. kemendikbu.go.id

Z08162002 Inovasi Pembelajaran Sains ( 3 sks)

Deskripsi: Matakuliah Inovasi Pembelajaran Sains membahas mempelajari rancangan pembelajaran inovatif, (1) karakteristik rancangan pembelajaran inovatif, dan prosedur atau tahapan penyusunan rancangan pembelajaran inovatif; (2) pembelajaran inovatif dengan pendekatan STEAM; (3) pembelajaran inovatif “blended learning”; dan (4) Integrasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan HOTS, literasi, keterampilan 4C, dan pengembangan karakter.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1.  Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York: Taylor & Francis
  2. Carin, A. A. (1993). Teaching science through discovery. New York: Macmillan Publishing Company
  3. Facione, P. A. (2015). Critical thinking: what it is and why it counts. Millbrae CA: Insight Assessment, Measured Reasons and The California Academic.
  4. Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching. New Jersey: Pearson Education, Inc.
  5. Kauchak, D., & Eggen, P. (2012). Learning and teaching research-based method. Boston: Pearson Education, Inc
  6. Salisbury , M, (2009), iLearning: How to Create an Innovative Learning Organization, San Francisco: Pfeiffer.

Z08162003 Asesment Pembelajaran Sains (I, 2 sks)

Deskripsi: Dalam matakuliah ini akan dikaji tentang model-model asesmen pembelajaran, yang meliputi: assesmen autentik, assesmen alternatif, bentuk-bentuk tagihan, bentuk-bentuk instrumen, dan umpan balik. Memberikan dasar penguasaan target dan metode penilaian pendidikan yang meliputi perkembangan pemikiran hasil dan proses belajar; perbandingan evaluasi, asesmen, pengukuran dan testing; hubungan pengetahuan dan keterampilan dalam “ability”, metode/teknik asesmen (selected response, essay, performance, personal communication), target asesmen (pengetahuan, penalaran, produk, keterampilan kinestetik dan afektif). Latihan mengembangkan butir soal (uji validasi, reliabel, dan tingkat kesukaran) serta merancang asesmen penilaian proses pembelajaran dan/atau instrumen rubrik penilaian pendidikan berdasarkan hasil observasi. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk teori, penugasan secara tatap muka dan daring melalui ZOOM dan LMS. Produk akhir mata kuliah ini adalah alat asesmen dalam bentuk instrumen penilaian tes obyektif, tes esay dan instrumen penilaian non tes untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotor .

Tujuan: Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat memahami hakekat evaluasi pembelajaran biologi untuk mengukur kemampuan siswa baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor dan penerapannya di sekolah.

Pustaka:

  1. Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory intoPractice, 41(4), 212-218.
  2. Jon Mueller. 2006. Authentic Asessment. North Central College.
  3. Asmawi Zainul & Noehi Nasution. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.
  4. Marzano, R.J., Pickering, D., and Mc Tighe, J. 1993. Assessing Student Outcome: performent Assessment Using Dimention of Learning Model. Alexandria: Association for Spervision and Curriculum Development
  5. Stiggins, R.J. 1994. Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company
  6. Reichel, A.G. 1994. Performent Assessment: Five Pratical Approach. Journal Science of Children
  7. Rustaman 2000. Asesmen Keterampilan Proses

Z08162004 Metode Penelitian Pendidikan Sains (I, 3 sks)

Deskripsi: Matakuliah ini membahas tentang konsep dan teori metode ilmiah, konsep dan kaidah metode penelitian secara umum, konsep dan kaidah metode penelitian pendidikan, peran metode penelitian secara umum, peran metode penelitian pendidikan, jenis dan karakteristik metode penelitian, langkah-langkah metode penelitian, teknik penyusunan proposal penelitian, teknik penulisan laporan penelitian, diseminasi hasil penelitian.

Tujuan: 1. Memiliki pemahaman tentang karakteristik metode penelitian secara umum, khusunya penelitian pendidikan 2. Memiliki pemahaman tentang jenis dan karakteristik tipe-tipe penelitian secara umum, khusunya penelitian pendidikan 3. Mampu membandingkan tipe-tipe penelitian secara umum, khusunya penelitian pendidikan 4. Memiliki pengetahuan dan kemampuan merancang penelitian khusunya penelitian pendidikan 5. Memiliki pengetahuan dan kemampuan melaksanakan penelitian khusunya penelitian pendidikan 6. Mampu menyusun dan mendiseminasikan hasil penelitian melalui seminar hasil penelitian pendidikan dan Publikasi dalam Jurnal Minimal Sinta

Pustaka:

  1. Creswell, J. W. (2012). Education Research: Planning, Canducting, and Evaluting Quantitative and Qualitative Research (4 ed.). Boston:PEARSON.
  2. Katz, M. (2006). From Research to Manuscript: A Guide to Scientific Writing. London: Springer.
  3. Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques (Second Revised ed.). New Delhi: New Age Internasional (P) Limited.
  4. Singh, Y. (2006). Fundamental of Research Methodology and Statistics. New York: New Age Internasional.
  5. Tuckman, . W., & Harper, B. E. (February 9, 2012). Conducting Education Research (6 ed.). Maryland, USA: Rowman & Littlefield Publishers.
  6. Blessing, L. C. (2009). DRM a Design Research Methodology. London: Springer.
  7. Soetriono, & Rita. (2007). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
  8. Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
  9. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Suryabrata, & Sumadi. (2008). Metodologi.

Z08162005 Statistika Pendidikan Sains (I, 3 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini bertujuan untuk ada pemahaman mahasiswa tentang statistik deskriptif, statistik parametrik, statistik nonparametrik, wawasan dan keterampilan tentang aplikasi konsep, dan rumus dalam masalah analisis pengolahan data untuk pengambilan keputusan dalam bidang pendidikan sains.

Tujuan: Setelah menempuh perkuliahan “Statistik Pendidikan sain” mahasiswa mampu memahami statistik deskriptif, statistik parametrik, statistik nonparametrik, wawasan dan keterampilan tentang aplikasi konsep, dan rumus dalam masalah analisis pengolahan data untuk pengambilan keputusan dalam bidang pendidikan sains.

Pustaka:

  1. Riduwan, 2015, Dasar-dasar Statistika, Alfabeta, Bandung
  2. Sugiyono, 2016, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
  3. Budiarti, 2002, Biostatistika, EGC, Jakarta.
  4. Tiro, 2008, Analisis Korelasi dan Regresi, State Univ. of Makassar Press.
  5. Tiro, 2004. Statistika Distribusi Bebas, Adira Publisher, Makassar.
  6. Sopitudin, 2017. Seri 13 Pintu Gerbang Memahami Statistik, Metodologi, dan Epidemiologi, Jakarta

Z08162006 Kapita Selekta Pendidikan Sains (II, 2 sks)

Deskripsi: merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh dan tenaga. mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapakan diharapkan mampu menjelaskan perkembangan konsep dan teori perencanaan pembelajaran Sains, serta kemampuan praktis menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran, serta merancang alat sederhana untuk pembelajaran Sains.

Tujuan: mampu menjelaskan perkembangan konsep dan teori perencanaan pembelajaran Sains, serta kemampuan praktis menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran, serta merancang alat sederhana untuk pembelajaran Sains.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162007 Sains Terpadu (II, 2 sks)

Deskripsi: Memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang konsep science education, model-model sains terpadu, analisis jurnal tentang science education dan Pengembangan sains terpadu. Pemahaman model-model keterpaduan. Mengembangkan pembelajaran sains terpadu mulai dari tahap pertama, yaitu melakukan analisis kompetensi kurikulum untuk menetapkan model keterpaduan, mengembangkan silabus sains terpadu, mengembangkan RPP dan bahan ajar sains terpadu, serta mengembangkan evaluasi sains terpadu.

Tujuan: Mendekripsikan tentang konsep kimia dan integrasinya ke bidang kajian lainnya (biologi dan fisika) untuk kebutuhan menyelesaikan permasalahan riset atau masalah lain yang relevan hingga menghasilkan invensi dan karyakreatif, inovatif, original, dan reliable demi kemaslahatan manusia.Mengembangkan riset secara mandiri dan/atau kelompok dengan mengoptimalkan penggunaan teori dan konsep kimia dan integrasinya ke bidang kajian lainnya (biologi dan fisika) di laboratorium penelitian sekolah dan/atau di lapangan.

Pustaka:

  1. Antipova, T. (2019). Integrated Science in Digital Age: ICIS 2019: Springer International Publishing.
  2. Bynoe-Arthur, D. (2014). Integrated Science: A Concise Revision Guide for CXC: Oxford University Press.
  3. Hewitt, P. G., Lyons, S. A., & Suchocki, J. A. (2015). Conceptual Integrated Science: Vital Source (for Pearson) VST E+p.
  4. Pang, S. K., & Fung, Y. C. (2015). Gateway to Success in Integrated Science: I-see Publishing Company Limited.
  5. Sri Fatmawati, S. S. M. S., Nina Ariesta, S. P. M. S., Laily Yunita Susanti, S. P. M. S., Dr. Darmaji, S. S. M. S., & Putra, P. S. R. (2015). Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran Sains Terpadu: Deepublish
  6. UK, C. (2015). Integrated Science for the Caribbean: HarperCollins Publishers Limited.

Z08162020 PPL/PKM (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162053 Tesis (IV, 6 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162008 Biologi Sel (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini memuat tentang pengetahuan dan pemahaman konsep teori tentang biologi sel yang digunakan untuk penelitian serta penerapan dalam dunia pendidikan.

Tujuan: Menjelaskan Teori sel, perbedaan antara virus, sel prokariot dan sel eukariot: mencakup teori sel, serta perbedaan virus, prokariotik dan eukariotik, Membran sel dan Transpor antar membran: Struktur, Penyusun dan Fungsi membran sel, materi penyusun membran sel dan transpor antar membran plasma Menjelaskan Dinding sel, silia dan flagel: Struktur dan fungsi dinding sel, silia dan flagel, Sitoskeleton : Sitoskleton yang mencakup filamen aktin, filamen intermediet dan mikrofilamen, Retikulum endoplasma dan Ribosom: Struktur dan fungsi Retikulum endoplasma dan Ribosom Kompleks Golgi, Lisosom, Peroksisom dan Glioksisom : Struktur dan fungsi kompleks Golgi, lisosom, peroksisom dan glioksisom Mitokondria dan Kloroplas : struktur dan fungsi Mitokondria dan Kloroplas Membran inti, nukleolus, DNA dan kromosom : struktur dan fungsi membran inti nukleolus, DNA dan Kromosom, Siklus sel, replikasi dan perbaikan DNA penuaan dan kematian sel : fisiologi pada penuaan dan mekanisme kematian sel (apoptosis dan nekrosis) Lingkungan ekstraseluler dan dinding sel pada organisme prokariotik dan eukariotik komponen permukaan sel Reseptor intra selular dan reseptor permukaan sel. Mekanisme komunikasi antar sel .

Pustaka:

  1. Albert, B. et al, 2002, The Cell, Garland Science.
  2. Campbell, N.A., J.B. Reece dan L.G. Mitchell, 2002, Biologi, Penerbit Erlangga, Jakarta
  3. Thorpe, N. O. 1984. Cell Biology, New York. John Willey Sons Publishing Company.
  4. Watson, J.D., N.H Hopkins, J.W Roberts, J.A.S. Steitz and A.M. Weiner. 1987. Molecular Biology of the Gene, Vol. I & II, 4th edition, The Benjamin/Cummings Publishing Company Inc., Menlo Park, California.

Z08162009 Perkembangan Hewan dan Tumbuhan (II, 2 sks)

Deskripsi: Mampu memahami, menjelaskan dan mendeskripsikan pengertian, tingkat integrasi dan pendekatan dalam kajian Perkembangan hewan dan tumbuhan , perkembangan dan pertumbuhan hewan vertebrata (gametogenesis, fertilisasi, segmentasi, blastula, gastrula, neurulasi, selaput ekstraembrional dan plasenta) serta perkembangan tumbuhan meliputi terjadinya suatu bentuk luar (morfogenesis) tumbuhan angiospermae dan kaitannya dengan struktur dalam organ utama yang terdapat pada tubuh tumbuhan serta perkembangan alat reproduksi dan proses yang terjadi di dalam alat reproduksi tersebu.

TujuanMenunjukkan sikap kerjasama intra atau inter kelompok dalam perkuliahan Perkembangan hewan dan tumbuhan. Menunjukkan sikap tanggung jawab atas tugas yang diembannya selama perkuliahan Perkembangan hewan dan tumbuhan. Menunjukkan rasa tidak mudah puas dan rasa ingin tahu selama perkuliahan Perkembangan hewan dan tumbuhan. Menguasai konsep dasar dalam Perkembangan hewan dan tumbuhan sebagai sistem pengetahuan terpadu. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Perkembangan hewan dan tumbuhan. Menguasai prinsip dan dasar-dasar penelitian dalam bidang Perkembangan hewan dan tumbuhan.

Pustaka:

    (Hewan)
  1. Gilbert, S.F., 2000, Developmental Biology, 6th ed., Sinauer Associates INC. Publisher, Sunderland, Massachusetts.
  2. Carlson, B.M., 1996, Pattern’s Foundation of Embryology. 6th ed., McGraw Hill Book Co., New York.
  3. Hayes, A.W., 1989, Principles and Methods of Toxicology, 2nd ed., Raven Press, New York.
  4. Balinsky, 1997. An Introduction to Embryology.
  5. Sri Sudarwati dan Lien Sutasurya. 1990. Dasar-Dasar struktur dan Perkembangan Hewan, ITB.
  6. Wildan Yatim, 1984. Embriologi.Tarsito Bandung.
  7. Sugianto, 1996. Perkembangan Hewan. Dikti.
  8. Achmad Ramadhan, 2010. Reproduksi Hewan Jantan. Tadulako Press.
  9. (Tumbuhan) :
  10. Bhojwani S.S. & Bhatnagar S.P., 1974, The Embryology of Angiosperm, 3rd, Vikas Publishing Hause PVT Ltd., Kanpur.
  11. Bhojwani S.S. & Soh W.Y., 2001, Current Trends in the Embryology of Angiosperms, Kluwer Academic Publisher, Dordrecht, Netherland.
  12. Fosket D.E., 1994, Plant Growth and Development. A Molecular Approach, Academic Press, Toronto.
  13. Graham C.F. & Wareing P.F., 1976, The Developmental Biology of Plants and Animals, WB. Saunders Company.
  14. Howel S.H., 1998, Molecullar Genetics of Plant Development, Cambridge University Press.
  15. Johri B.M. (ed.), 1984, Embryology of Angiosperms, Sprinter-Verlag, Berlin.

Z08162010 Genetika dan Evolusi (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162021 Ekologi Lanjut (III, 2 sks)

Deskripsi:mpu memahami, menjelaskan dan mendeskripsikan pengertian, tingkat integrasi dan pendekatan dalam kajian ekologi, konsep ekologi populasi, ekologi komunitas, ekosistem hutan tropis, ekosistem air tawar, ekosistem estuaria, ekosistem laut, biogeografi tumbuhan dan hewan, dan metode penelitian dalam ekologi.

Tujuan: : Menunjukkan sikap kerjasama intra atau inter kelompok dalam perkuliahan ekologi lanjut. Menunjukkan sikap tanggung jawab atas tugas yang diembannya selama perkuliahan ekologi lanjut. Menunjukkan rasa tidak mudah puas dan rasa ingin tahu selama perkuliahan ekologi lanjut. Menguasai konsep dasar dalam ekologi lanjut sebagai sistem pengetahuan terpadu. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran ekologi lanjut. Menguasai prinsip dan dasar-dasar penelitian dalam bidang ekologi lanjut.

Pustaka:

  1. Begon, M., C.R. Townsend & J.L. Harper. 2006. Ecology: From Individuals to Ecosystems. Fourth Edition. Blackwell Publishing, USA, UK, Australia.
  2. Chapin, F.S., P.A. Matson & P.M. Vitousek. 2011. Principles of Terrestrial Ecosystem Ecology. Second Edition. Springer, New York.
  3. Kumar, P. & U. Mina. 2018. Fundamental of Ecolgy and Environment. Second Edition. Pathf inder Publication. New Delhi, India
  4. Southwood, T.R.E. & P.A. Henderson. Ecological Methods. Third Edition. Blackwell Science Ltd., London

Z08162022 Fisiologi Lanjut (III, 2 sks)

Deskripsi: Mahasiswa mampu mengetahui, memahami, menguasai, menjelaskan prinsip fungsi fisiologis organ dan sistemnya..

Tujuan: 1. Mengkaji teori sel dan fungsinya 2. Mendiskusikan sel dan jaringan 3. Menjelaskan struktur dan jaringan tubuh .

Pustaka:

  1. Arthur C Guyton MD, john E Hall PhD Textbook of Medical Physiology ; Fisiologi Kedokteran Penerjemah Irawati Setiawan, LMA Ken Ariata Tengadi, Alex Santoso Edisi English WB Saunders 1996, Edisi Indonesia 1996, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Cetakan .
  2. Anatomy Physiology, Gary A Thibodeau; Kevin T. Patton, 2003.

Z08162023 Problematika Pendidikan Biologi (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162024 Desain Praktikum Biologi (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162025 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini mendalami dan mengembangkan media pembelajaran dengan mendalami jenis media, desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Tujuan: Setelah menempuh perkuliahan “Pengembangan Media Pembelajaran” mahasiswa memiliki kompetensi dalam memilih jenis media, membuat desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Pustaka:

  1. Arsyad A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Brown, J. W., Lewis, R. B., Harcleroad, F. E. (1959). A-V Instruction: Materials and Methods. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
  3. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., et. al. (1986). Media Pendidikan: Pengetian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Kemp, J.E. & Dauton, D. K. (1985). Planning and Producing Instructional Media(Fifth Edition). New York: Happer & Row, Publishers.
  5. Bloom, Benyamin. S., et.al (1961). Evaluation to Improve Learning. New York: Graw-Hill Book Company.
  6. Cole P. G. & Chan L. K. S. (1994). Teaching Principle and Practice. New Jersey: Prentice Hall.
  7. Smaldino, S. E. et.al. (2005). Instructional Technology and Media for Learning (Eight Edition). New Jersey, Ohio: Pearson Prentice-Hall, Inc. Catatan:

Z08162026 Keanekaragaman dan Konservasi Hayati (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini memuat tentang tentang konsep biodiversitas atau keanekaragaman hayati dan biodiversitas Indonesia/Nusantara yang sangat tinggi. Pokok bahasan mencakup konsep dasar biodiversitas, biogeografi, endemisitas, tipe-tipe ekosistem, keanekaragaman jenis dan kekayaan genetik di Indonesia serta tentang permasalahan krisis keanekaragaman hayati, faktor-faktor penyebab dan pendekatan-pendekatan dalam konservasi keanekaragaman hayati

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep dasar biodiversitas, biogeografi, endemisitas, tipe-tipe ekosistem, keanekaragaman jenis dan kekayaan genetik di Indonesia.

Pustaka:

  1. Biodiversity, E.O. Wilson, Harvard University, Editor; National Academy of Sciences/ Smithsonian Institution. ISBN: 0-309-56736-X, 538 pages (1988).
  2. Biodiversity ecosystem and Ecology, California Academy Sciences.

Z08162027 Mikrobiologi Lanjut (III, 2 sks)

Deskripsi: Membahas tentang peranan positif dan negatif mikroorganisme dalam kehidupan, ultra struktur mikroorganisme prokariot (struktur membran, sporulasi dan germinasi, bioluminescens, kemotaksis), media kultur mikroorganisme, pembiakan dan pertumbuhan mikroba, analisis kualitas mikrobiologi makanan dan minuman, pengendalian mikroorganisme (pemanfaatan kapang untuk pengendalian hayati serangga hama, pengendalian aktivitas mikroba perusak makanan melalui pengawetan makanan), daya desinfeksi antiseptik dan daya antimikroba tanaman berkhasiat obat, aktivitas bakteri dan kapang parasit pada tanaman, beberapa macam penyakit pada manusia yang disebabkan oleh bakteri atau jamur patogen serta patogenitasnya, biotransformasi mikroorganisme dan potensinya dalam aspek lingkungan (biodegradasi dan bioremediasi), makromolekul aliran informasi mikroorganisme dan dasar-dasar rekayasa genetika, molekuler genetik keanekaragaman mikroba, keanekaragaman virus dan metode mempelajari virus, teknik imunoassay..

Tujuan: Mampu mengembangkan konsep mikrobiologi melalui riset dan kajian teori yang mendalam menjadi karya inovatif dan teruji yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi..

Pustaka:

  1. JBlack, Jacquelyn G. 2008. Microbiology, Seventh Edition. United States: John Willey & Son, Inc.
  2. Madigan, Michael T., David, P., Clarck, David S., John, M. Martinko. 2011. Brock Microbiology of microorganisms. San Francisco: Benjamin Cummings publishing.
  3. Joan, L., Slonczewski & J.W Foster. 2011. Microbiology : An Evolving Science (2nd Edition). Norton.
  4. Logan, N.A. 1994. Bacterial Systematics. Blackwell Scientific Publications. London.
  5. Padoli. 2016. Mikrobiologi dan Parasitologi Keperawatan. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan.

Z08162028 Bioteknologi (III, 2 sks)

Deskripsi: Matakuliah Bioteknolog merupakan matakuliah pilihan dalam kelompok bidang Mikrobiologi dan untuk mengambil mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan telah mengambil mata kuliah wajib Mikrobiologi. Kuliah Bioteknologi mencakup: 1) Kontak Perkuliahan dan Pendahuluan 2) Biomasa dari sebuah substrat bioteknologi 3) Imu genetika dalam bioteknologi 4) Bioproses atau teknologi fermentasi 5) Teknologi enzim 6) Generasi bahan bakar biologi 7) Bioteknologi lingkungan 8) Bioteknologi tumbuhan dan hutan 9) Bioteknologi serangga dan hewan 10) Bioteknologi makanan dan minuman 11) Obat-obatan dalam bioteknologi 12) metode stem cell dalam bioteknologi 13) Perlindungan dari hasil rekayasa bioteknologi 14) Persepsi masyarakat dalam bioteknologi, keamanan rekayasa genetika serta moral dan kode etik bioteknologi.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai Biomasa dari sebuah substrat bioteknologi, iImu genetika dalam bioteknologi, Bioproses atau teknologi fermentas, Teknologi enzim, Generasi bahan bakar biologi, Bioteknologi lingkungan, Bioteknologi tumbuhan dan huta, Bioteknologi serangga dan hewan, Bioteknologi makanan dan minuma, Obat-obatan dalam bioteknologi, metode stem cell dalam bioteknologi, Perlindungan dari hasil rekayasa bioteknolog, Persepsi masyarakat dalam bioteknologi, keamanan rekayasa genetika serta moral dan kode etik bioteknologi.

Pustaka:

  1. Smith, John E. 2009. Biotechnology Fifth edition. Cambridge. Cambridge University Press.
  2. Vallero, Daniel A. 2010. Environmental Biotechnology : A Biosystems Approach. USA. Elsevier Academic Press.
  3. Clark, David. 2005. Moleculer Biology. USA. Elsevier Academic Press.
  4. Bugg, Tim. 2004. Introduction to Enzyme and Coenzyme Chemistry. UK. Blackwell Publishing.

Z08162011 Fisika Modern (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini berisikan bahasan tentang konsep dasar teori relativitas, struktur atom, dualisme partikel gelombang, teori kuantum atom hidrogren, dan atom berelektron banyak dan merupakan dasar untuk mengenal bahasan teori fisika moderen lanjutan. Mata kuliah ini juga mendasari matakuliah lanjutan seperti fisika inti dan kuantum.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep dasar teori relativitas, struktur atom, dualisme partikel gelombang, teori kuantum atom hidrogren, dan atom berelektron banyak dan merupakan dasar untuk mengenal bahasan teori fisika moderen lanjutan.

Pustaka:

  1. Arthur Beiser, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill.Inc, 2003.
  2. Kenneth S. Krane, Modern Physics, John Wiley & Sons.Inc,Canada, 1996.

Z08162012 Mekanika Lanjut (II, 2 sks)

Deskripsi: Mampu mengembangkan pengetahuan dan/atau teknologi baru di bidang spesifik yang relevan dengan sistem mekanika (mechanical system) melalui riset taat kaidah hingga menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan terujiMenganalisis (C4) tegangan-regangan pada titik, baik 2 maupun 3 dimensi.

Tujuan:Mampu memecahkan permasalahan rekayasa dan teknologi di bidang spesifik yang relevan dengan sistem mekanika (mechanical system) melalui pendekatan inter, multi atau transdisipliner dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, lingkungan, dan konservasi energi.

Pustaka:

  1. Den Hartog, Advanced Strength of Materials, New York: Mc-Graw Hill Book Co.
  2. E.P. Popov, Mekanika Teknik, Terjemahan Zainul Astamar. Penerbit Erlangga, Jakarta 1983.
  3. Beer, Ferdinand P., E Russel Johnston, Jr., Mechanics of Materials, McGraw-Hill, USA. 1985.
  4. Timoshenko. Mc-Cullough. Element Strength of material, New York: Mc-Graw Hill Book Co.

Z08162013 Listrik Magnet (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162029 Termodinamika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162030 Gelombang dan Optika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu (1). mengenal fenomena gelombang dan optik di alam sekitar; (2). Menguasai konsep gelombang dan optik berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran fisika; (3) memecahkan masalah gelombang optik secara individu dan kelompok; (4). merancang pembelajaran gelombang dan optik.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162031 Problematika Pendidikan Fisika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162032 Desain Praktikum Fisika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162033 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

Deskripsi: MMata kuliah ini mendalami dan mengembangkan media pembelajaran dengan mendalami jenis media, desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Tujuan: Setelah menempuh perkuliahan “Pengembangan Media Pembelajaran” mahasiswa memiliki kompetensi dalam memilih jenis media, membuat desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Pustaka:

  1. Arsyad A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Brown, J. W., Lewis, R. B., Harcleroad, F. E. (1959). A-V Instruction: Materials and Methods. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
  3. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., et. al. (1986). Media Pendidikan: Pengetian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Kemp, J.E. & Dauton, D. K. (1985). Planning and Producing Instructional Media(Fifth Edition). New York: Happer & Row, Publishers.
  5. Bloom, Benyamin. S., et.al (1961). Evaluation to Improve Learning. New York: Graw-Hill Book Company.
  6. Cole P. G. & Chan L. K. S. (1994). Teaching Principle and Practice. New Jersey: Prentice Hall.
  7. Smaldino, S. E. et.al. (2005). Instructional Technology and Media for Learning (Eight Edition). New Jersey, Ohio: Pearson Prentice-Hall, Inc. Catatan:

Z08162034 Pengetahuan Bumi dan Antariksa (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162035 Fisika Terapan (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162036 Elektronika (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162014 Kimia Organik (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar memperoleh pengetahuian tentang material organik secara umum yang beraedar baik dalam khasanah mahluk hidup maupun dalam bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa memahami tentang Struktur elektron dan dan ikatan dalam senyawa Organik; stereokimia; Senyawa halogen organik: Struktur dan ikatan serta sifat fisik-kimia senyawa halogen organik; Senyawa aromatik; Senyawa diena dan poliena; Eter, ester dan epoksida; Reaksi-reaksi kimia; dan bahan alam. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi terhadap perkembangan materi secara keilmuan maupun dari hasil case study/method, pemberian tugas, dan simulasi yang merupakan hasil kerja secara kelompok (team based project) maupun individu (individual project.

Tujuan:Melakukan kajian tentang hakikat pembelajaran dalam bidang pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan biologi, dan pendidikan IPA pada tingkat pendidikan dasar dengan penuh tanggung jawab. Merancang menguasai metodologi penelitian dan pengembangan untuk inovasi pendidikan sains berkaitan dengan pendidikan lingkungan hidup berdasarkan identifikasi secara cermat tentang karakteristik usia pendidikan dasar. Merancang pembelajaran IPA yang efektif untuk memecahkan masalah pembelajaran atau pendidikan sains dengan menghasilkan model atau program pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pendidikan . Menyusun rancangan percobaan-percobaan sederhana dan menarik pada pembelajaran dasar melalui pengembangan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademi.

Pustaka:

  1. McMurry, J., 2012, Organic Chemistry, 8th Ed., California: Brooks/Cole Publishing Company.
  2. Solomons. G., Fryhle, C., Snyder, S., 2014, Organic Chemistry,11th Ed., New Jersey: John Wiley and Sons.
  3. Clayden, J., Greeves, N., and Warren, S., 2012, Organic Chemistry, 2nd Ed., New York: Oxford University Press.
  4. Juaristi, E., 1991, Introduction to Stereochemistry and Conformational Analysis, New York : John Wiley & Sons.
  5. Morris, D.G., 2001, Stereochemistry, Cambridge: The Royal Society of Chemistry.
  6. Poppe, L., and Nogradi, M., 2016, Stereochemistry and Stereoselective Synthesis- an Introduction, Chennai: John Wiley & Sons
  7. Zhu, H., J., 2015, Organic Stereochemistry -Experimental and Computational Methods, Singapore: John Wiley & Sons
  8. March, J., 2013, Advanced Organic Chemistry, 7th Edition, New York: John Wiley and Sons.
  9. Bruckner, 2010-Organic Mechanisms, Reactions, Stereochemistry and Synthesis, Verlag Berlin Heidelberg: Springer.
  10. Cooper, R., and Nicola, G., 2015, Natural Products Chemistry-Sources, Separations, and Structures, Boca Raton: CRC Press Taylor and Francis Group.

Z08162015 Kimia Anorganik (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas materi kimia anorganik tingkat lanjutan yang cakupannya meliputi simetri, molekul kovalen, termodinamika redoks, senyawa logam transisi dan senyawa koordinasi serta katalis.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu: menguasai dan memahami konsep-konsep dan teori kimia anorganik lanjut mengenai simetri, molekul kovalen, termodinamika redoks, senyawa logam transisi dan senyawa koordinasi serta katalis.

Pustaka:

  1. House, J. E. 2013. Inorganic Chemistry. 2nd Ed.; Elsevier Inc.
  2. Housecroft, C.; Sharpe, A. G., 2012. Inorganic Chemistry. 4th Ed.; Pearson Education Limited.
  3. Rayner-Canham, G.; Overton, T., 2009. Descriptive Inorganic Chemistry. 5th Edition ed.; W. H. Freeman.
  4. Shriver, D., 2014. Inorganic Chemistry. 6th Ed.; W. H. Freeman and Company.
  5. Lee, J. D. 1991. Concise Inorganic Chemistry. 4th Ed. Chapman & Hall. New York.
  6. Kettle, S. F. A. 2007. Symmetry and Structure: Readable Group Theory for Chemists. 3rd Ed. John Wiley & Sons Inc.
  7. Hargittai, M.; Hargittai, I. 2009. Symmetry Through the Eyes of a Chemist. 3rd Ed. Springer.

Z08162016 Kimia Fisik (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas 1) Keadaan gas: karakteristik umum gas, hukum-hukum gas, persamaan gas ideal, teori molekul kinetik gas, penurunan kinetik persamaan gas, distribusi kecepatan molekul, macam-macam kecepatan molekul, perhitungan kecepatan molekul, sifat-sifat tumbukan, gas nyata, persamaan van der Waals, pencairan gas, gejala kritik, hukum keadaan sehubungan, metode pencairan gas; (2) Hukum ke Nol dan Pertama Termodinamika: keadaan sistem, hukum ke nol termodin- maika, skala suhu gas ideal, kerja dan panas, hukum pertama termodinmaika, energi internal, diferensial eksak dan tak eksak, kerja kompresi dan ekspansi gas pada suhu tetap, berbagai jenis kerja, perubahan keadaan pada volume tetap, entalpi, kapasitas panas, ekpansi Joule-Thomson, Proses adiabat, entalpi pembentukan; (3) Termokimia: satuan perubahan energi, entalpi reaksi kimia, reaksi eksotermis dan endotermis, persamaan termokimia, panas reaksi atau entalpi reaksi, perubahan entalpi karena perubahan suhu, macam-macam entalpi reaksi, panas pembakaran panas pelarutan, panas netralisasi, perubahan energi pada perubahan fase, panas peleburan, panas penguapan, panas sublimasi, panas transisi, hukum Hess, aplikasi hukum Hess, kalo- rimetri; (4) Hukum kedua dan ketiga termodinamika: entropi sebagai fungsi keadaan, hukum kedua termodinamika, perubahan entropi pada proses reversible, perubahan entropi pada proses irreversible, entropi pencampuran gas ideal, entropi dan probabi- litas, kalorimetri penentuan entropi, hukum ketiga termodinamika; (5) Kinetika reaksi kimia reaksi dalam fasa gas: Pendahuluan, cara mengikuti berlangsungnya reaksi, persamaan laju (hokum laju dan orde reaksi); (6) Penentuan persamaan laju reaksi, cara awal, cara integrasi atau cara grafik, cara waktu paru; (6) Kesetimbangan kimia: penurunan ungkapan kesetimbangan, tetapan kesetimbangan reaksi gas, penentuan tetapan kesetimbangan, penggunaan energi pembentukan bebas Gibbs untuk menghitung tetapan kesetimbangan, pengaruh suhu pada tetapan kesetimbangan, pengaruh tekanan, komposisi awal dan gas inert pada komposisi kesetimbangan, tetapan kesetimbangan dalam konsentrasi. Pelaksanaan pembelajaran teori (tatap muka) dalam kelas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SCL

Tujuan: Memahami konsep kimia (Keadaan gas, Termodinamika kimia, Kinetika kimia, kesetimbangan kimia) yang secara logis, kritis,sistematis, dan inovatif dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mendesain pembelajaran kimia (Keadaan gas, Termodinamika kimia, Kinetika kimia, kesetimbangan kimia) secara mandiri dan kelompok. Mampu menyelenggarakan pembelajaran kimia (Keadaan gas, Termodinamika kimia, Kinetika kimia, kesetimbangan kimia) yang mendidik dalam suasana yang menyenangkan dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar yang kreatif, inovatif, dan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan data dan informasi. Mampu merancang dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran kimia (Keadaan gas, Termodinamika kimia, Kinetika kimia, kesetimbangan kimia) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara mandiri dan kelompok dengan penuh tanggung jawab. Mampu melaksanakan penelitian terkait konsep-konsep kimia (Keadaan gas, Termodinamika kimia, Kinetika kimia, kesetimbangan kimia) untuk memecahkan masalah pembelajaran kimia dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar secara bertanggung jawab baik secara mandiri maupun kelompok. Mampu bekerja sama mengaplikasikan konsep-konsep kimia (Keadaan gas, Termodinamika kimia, Kinetika kimia, kesetimbangan kimia) melalui pendekatan SCL yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses pembelajaran.

Pustaka:

  1. Buku Ajar Kimia Fisik I dan II, Oleh Suherman, dkk.
  2. Kimia Fisik Dasar-dasar kinetika dan katalis.
  3. Physical Chemistry, Laidler/ Meiser, 3 Edition, Boston New York.
  4. Physical Chemistry, Edmund White, HBJ San Diego New York London.

Z08162037 Kimia Analitik (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162038 Biokimia (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162039 Problematika Pendidikan Kimia (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas problem-problem yang ditemukan pada topik pembelajaran kimia khususnya miskonsepsi pada tingkat sekolah menengah pertama atau sekolah menengah tingkat atas dan sederajatnya. Matakuliah ini disajikan melalui diskusi, mengkaji hasil-hasil penelitian terbaru mengenai miskonsepsi, dan pemberian tugas dengan mengajukan solusi konsep benar berdasarkan kajian literatur dan buku teks.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu: menguasai dan menganalisis problem-problem dalam Pendidikan kimia khususnya miskonsepsi yang ditemukan pada topik-topik pembelajaran kimia baik di tingkat pendidikan sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas dan sederajatnya, serta mengusulkan solusi konsep-konsep benar dari topik-topik tersebut.

Pustaka:

  1. Walanda, D. K., Napitupulu, M. and Mallaburn, A. (2017) Misconceptions sequencing the chemical processes in Daniell and electrolysis cells amongst first-year science and mathematics education university students. Journal of Science Education, 18(2). pp. 113-116. [Link].
  2. Mondal, B. C.; Chakraborty, A. Misconceptions in chemistry: Its identification and remedial measures. Lap Lambert Academic Publishing: 2013.
  3. Barke, H-D, Hazari, A. Yitbarek, S. Misconceptions in chemistry: addressing perceptions in chemical education. Springer-Verlag Heidelberg: 2009.
  4. Taber, K. S. Chemical Misconceptions: Prevention, Diagnosis and Cure, Volume 1 and 2. Royal Society of Chemistry: 2002.
  5. Karpudewan, M, Zain, A N Md, and Chandrasegaran A. L. Overcoming Students’ Misconceptions in Science: Strategies and Perspectives from Malaysia. Springer Nature Singapore: 2017.
  6. Taber, K. S. The Nature of the Chemical Concept: Re-constructing Chemical Knowledge in Teaching and Learning. Royal Society of Chemistry: 2002..

Z08162040 Desain Praktikum Kimia (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162041 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini mendalami dan mengembangkan media pembelajaran dengan mendalami jenis media, desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Tujuan: Setelah menempuh perkuliahan “Pengembangan Media Pembelajaran” mahasiswa memiliki kompetensi dalam memilih jenis media, membuat desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Pustaka:

  1. Arsyad A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Brown, J. W., Lewis, R. B., Harcleroad, F. E. (1959). A-V Instruction: Materials and Methods. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
  3. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., et. al. (1986). Media Pendidikan: Pengetian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Kemp, J.E. & Dauton, D. K. (1985). Planning and Producing Instructional Media(Fifth Edition). New York: Happer & Row, Publishers.
  5. Bloom, Benyamin. S., et.al (1961). Evaluation to Improve Learning. New York: Graw-Hill Book Company.
  6. Cole P. G. & Chan L. K. S. (1994). Teaching Principle and Practice. New Jersey: Prentice Hall.
  7. Smaldino, S. E. et.al. (2005). Instructional Technology and Media for Learning (Eight Edition). New Jersey, Ohio: Pearson Prentice-Hall, Inc. Catatan:

Z08162042 Kimia Lingkungan (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162043 Kimia Terapan (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162044 Kimia Gizi dan Kesehatan (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162017 Pengetahuan Hayati (II, 2 sks)

Deskripsi:Kegiatan dalam perkuliahan ini meliputi ceramah, diskusi, latihan merancang kerja ilmiah, tugas membaca literatur tentang konsep-konsep dasar kehayatan yang mencakup kerja ilmiah, memahami mekanisme penemuan biologi teraktual dan bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran di masyarakat secara luas dalam spektrum biologi; biological science; biodiversity;classification; biological control; gene pool; green revolution; steam cells; environmental issue; ecology and economics; evolution; and bioethics.homeostatis dan nanotekhnologi.

Tujuan: Mahasiswa dapat memahami, mengkomunikasikan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar ilmu hayat dan kaitannya dengan ilmu-ilmu lain serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan nyata, sehingga memiliki pandangan yang holistik tentang fenomena kehidupan hayati.

Pustaka:

  1. Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999).Biology,concepts & connections.California:the Benyamin Cummings Publishing Company.
  2. Campbell Neil A., Mitchell and Reece (2010). Biologi, Jilid 1,Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga.
  3. Rhymer, JM and Simberloff, D. (1996) Extinction by Hybridization and Introgression. Annual Review of Ecology and Systematics 27: 83-109 doi:10.1146/annurev.ecolsys.27.1.83.

Z08162018 Pengetahuan Fisika (III, 2 sks)

Deskripsi: Perkuliahan ini merupakan aplikasi/penerapan konsep-konsep Fisika kedalam konsentrasi Sains SD. Kompetensi yang diharapkan adalah memiliki wawasan yang memadai dan menguasai pengetahuan mengenai fisika, serta dapat sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi. Perkuliahan ini membahas konsep Fisika yang meliputi: Mekanika, Materi dan Energi, Fenomena gelombang, Listrik Magnet serta Fisika Modern. Selain diikuti oleh mahasiswa Fisika, perkuliahan Fisika ini pun dapat diikuti oleh mahasiswa konsentrasi Matematika, Kimia, Biologi, serta pengelolaan desain pembelajaran.

Tujuan:Memberikan dasar yang kuat kepada mahasiswa untuk dapat memahami teori, konsep, dan prinsip-prinsip dasar mekanika, gelombang, bunyi, optik, panas, listrik magnet, dan fisikan modern dalam bidang ilmu serumpun Sains. Memfasilitasi berkembangnya pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dasar mahasiswa untuk merancang kegiatan pengelolaan model pembelajaran. Memfasilitasi mahasiswa agar memiliki kemampuan dalam melakukan kegiatan penelitian bersama masyarakat. Memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kapasitas kelompok melalui keterampilan mengerjakan tugas-tugas secara berkelompok dan individual.

Pustaka:

  1. Cromer H.Alam, Physics for the life science, 1977 McGraw. Hill, Inc, New York
  2. Hilyard N.C and Biggin H.C, 1977, Physics for applied Biologist, Addison Wesley, USA
  3. David Halliday & Robert Resnick (Pantur Silaban PhD & Drs. Erwin Sucipto, 1989, Fisika, Erlangga-Jakarta.

Z08162019 Pengetahuan Kimia (II, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162045 Energi dan Sumberdaya Alam (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk dapat menc mati dan menjelaskan saling Keterkaitan antara Energi dan sumber daya alam serta manfaatnya.

Tujuan: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat mencermati dan menjelaskan saling Keterkaitan antara Energi dan sumber daya alam serta manfaatnya.


Z08162046 Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162047 Problematika Pendidikan Sains-SD (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162048 Desain Praktikum Sains-SD (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162049 Pengembangan Media Pembelajaran (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini mendalami dan mengembangkan media pembelajaran dengan mendalami jenis media, desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Tujuan: Setelah menempuh perkuliahan “Pengembangan Media Pembelajaran” mahasiswa memiliki kompetensi dalam memilih jenis media, membuat desain media, memproduksi media, dan menggunakan media dalam pembelajaran IPA, termasuk di dalamnya media pembelajaran biologi, kimia da fisika.

Pustaka:

  1. Arsyad A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Brown, J. W., Lewis, R. B., Harcleroad, F. E. (1959). A-V Instruction: Materials and Methods. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
  3. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., et. al. (1986). Media Pendidikan: Pengetian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Kemp, J.E. & Dauton, D. K. (1985). Planning and Producing Instructional Media(Fifth Edition). New York: Happer & Row, Publishers.
  5. Bloom, Benyamin. S., et.al (1961). Evaluation to Improve Learning. New York: Graw-Hill Book Company.
  6. Cole P. G. & Chan L. K. S. (1994). Teaching Principle and Practice. New Jersey: Prentice Hall.
  7. Smaldino, S. E. et.al. (2005). Instructional Technology and Media for Learning (Eight Edition). New Jersey, Ohio: Pearson Prentice-Hall, Inc. Catatan:

Z08162050 Pengetahuan Lingkungan (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162051 Ekosistem (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.

Z08162052 Sains Menyenangkan (III, 2 sks)

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan campurannya.

Tujuan: Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai filsafat ilmu dari sudut ontologi, epistemologi dan axiologi dan menguasai prinsip, desain, dan langkah-langkah penelitian pendidikan sains secara mendalam serta mampu merancang proposal dan melakukan penelitian untuk disertasi.

Pustaka:

  1. Johansson, L-G. 2016. Philosophy of Science for Scientists. Springer International Publishing. Switzerland.
  2. Godfrey-Smith, P. 2003. Theory and Reality: an Introduction for Philosophy of Science. The University of Chicago Press, Chicago.
  3. Ary, D. Jacobs, L. C., Sorensen, C. and Razavieh, A. 2010, Introduction to Research in Education, 8th Edition, Wadsworth Publishing.
  4. Creswell, J. W. 2012, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed., Pearson.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., and Borg, W. R. 2003. Educational Research: an Introduction. 7th Ed. Pearson Education Inc.